Sejarah Credit Union Bonaventura




Berawal dari kesulitan keuangan yang dialami para guru dan karyawan di persekolahan katolik Nyarumkop (PKN), dimana para guru dan karyawan tersebut selalu meminta bantuan finansial kepada pastoran, maka atas usulan dan desakan mereka yang juga didukung Pastor P.Heliodorus, OFM.Cap pada 9 Januari 1991 diadakan rapat pembentukan Credit Union. 

Sebulan kemudian, Februari 1991 terbentuklah Credit Union Bonaventura. Para penandatangan akta adalah T.Suratman,B.A, F.Tugino, Egidius Herman, Imelda Winarti, Dalmasius Iriyandi Dj. Sebagai ketua pengurus periode pertama dipercayakan kepada T.Suratman,B.A. Karena jumlah anggota masih sangat sedikit, awalnya pelayanan di tangani oleh pengurus inti. Setelah berjalan 5 tahun, tepatnya tahun 1995. Bonaventura mulai membuka diri bagi masyarakat di sekitar persekolahan katolik nyarumkop yang ingin menjadi anggota di persilahkan mendaftar. 

Keberadaan Credit Union Bonaventura semakin dirasakan manfaatnya. Hal itu terlihat dari respon masyarakat yang semakin banyak ingin menjadi anggota. Maka tahun 1999 Bonaventura membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat umum di seluruh kota Singkawang, diwilayah Samalantan, dan wilayah Monterado di Kabupaten Bengkayang. Grafik perkembangan jumlah anggota dan aset setiap tahun terus meningkat, tetapi selama 13 tahun dirasakan tidak cukup signifikan . Hal itu membuat para aktivis gelisah memikirkan bagaimana caranya agar perkembangannya bisa lebih cepat. Kerja keras sudah dilakukan, tetapi hasilnya belum memuaskan. 

Melihat banyak Credit Union yang bergabung dengan jaringan BKCU Kalimantan kemajuannya relatif cepat, para pengurus dan aktivis Credit Union Bonaventura “tergoda” ingin bergabung dengan BKCU Kalimantan. Tetapi untuk bergabung dengan jaringan BKCU Kalimantan tidak serta merta bisa diterima. Banyak persyaratan yang harus di penuhi. Setelah melalui proses sangat panjang dan perjuangan yang alot akhirnya 8 desember 2004 Credit Union Bonaventura resmi terdaftar sebagai anggota jaringan BKCU Kalimantan. 

Atas saran dan dukungan serta pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh BKCU Kalimantan, Bonaventura harus merubah sistem dan manajemen agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Maka pada rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2004 yang dilaksanakan januari 2005 dilakukan pemilihan pengurus baru untuk periode 2005-2008. Maka terpilihlah Drs. Delfinus sebagai ketua baru Bonaventura. 

Setelah bergabung dengan jaringan BKCU Kalimantan, gerakan Credit Union Bonaventura merasa terlahir kembali. Mengemban Misi sangat berat, sesuai mottonya “Tinggalkan Kemiskinan, Bangun Kemandirian” untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Credit Union Bonaventura bertekad menjadi wadah-solusi untuk mengatasi finacial anggota. Dengan melakukan penyadaran Pengelolaan keuangan, melakukan pelayanan keuangan dan menyejahterakan anggotanya melalui produk-produk yang ada di Bonaventura. 

Untuk itu pengurus tidak bisa bekerja sendiri seperti kepengurusan sebelumnya. Dewan pimpinan harus mengangkat manajemen untuk menangani pelayanan anggota sehari-hari. Maka dimulailah pelayanan setiap hari dan harus memiliki kantor sendiri, walaupun paada awalnya Bonaventura mengontrak rumah di Nyarumkop dan di Singkawang. Pada bulan November 2005 Credit Union Bonaventura membeli sebuah rumah untuk kantor Tempat Pelayanan (TP) Singkawang di Jln. G.M Situt Gg.Harjuna No.59 Singkawang. Sedangkan di Nyarumkop membeli sebidang tanah di Simpang Eria untuk kemudian di bangun kantor TP Nyarumkop yang mulai beroperasi pada tahun 2006. 

Dalam perjalanannya, Credit Union Dian Kasih Singkawang dan Credit Union Tajur Janing di sasak-sambas bergabung dengan Credit Union Bonaventura. Resminya 4 Maret 2005 Dian Kasih Singkawang bergabung dengan Bonaventura. Penggabungan hasil RAT Credit Union Dian Kasih 30 Januari 2005. Kemudian ditindaklanjuti melalui rapat antara pengurus Dian Kasih dengan pengurus Bonaventura yang dilaksanakan pada 26 Februari 2005 di rumah Tarcisius Suratman. Lalu pada 27 November 2005 Credit Union Tajur Janing juga resmi bergabung dengan Credit Union Bonaventura. Penggabungan tersebut berdasarkan keinginan anggota dan pengurus Tajur Janing, yang di putuskan melalui rapat penguurs Tajur Janing dengan pengurus Bonaventura 18 Mei 2005 dirumah Sumardi Amban. 

Setelah penggabungan kedua Credit Union tersebut semakin memperkuat Credit Union Bonaventura dan semakin bertambah Aset dan Anggotanya. Setelah 2004, tahun demi tahun perkembangan aset dan anggota Bonaventura semakin meningkat pesat. Pada tahun 2007 tepatnya, 23 November 2007, Credit Union Bonaventura Mendapatkan legalitas berupa Badan Hukum dengan No.36/BH/XVII.9/IDKT-D. 

Untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota diwilayah pengembangan, maka Credit Union Bonaventura membuka TP di wilayah Pengembangan Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas. Credit Union Bonaventura telah memiliki 11 TP yaitu : 1. TP. Nyarumkop, 2. TP. Singkawang, 3. TP. Monterado, 4. Sajingan Besar, 5. TP. Capkala, 6. TP. Ledo, 7. TP. Sagatani, 
8. TP.Sanggau Ledo, 9. TP.Samalantan, 10. TP.Sambas, 
 11. TP. Paloh. 

Kini Credit Union Bonaventura telah berusia seperempat abad. Ini bearti sudah dewasa. Sebagai Credit Union yang telah usia dewasa, sepantasnya seluruh anggota, terlebih pengurus, pegawas, dan staf manajemen harus memiliki kedewasaan berpikir dan kejituan menyusun strategi menuju credit union yang sustainable credit union – berkelanjutan.




0 komentar: