Mars CU Bonaventura,Visi,Misi,Nilai inti dan motto


A. Visi, Misi, Nilai-nilai Inti dan Motto 

Visi Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura 

Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura memiliki citra moral yang menggambarkan profil Credit Union yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi berikut: 

Menjadi Credit Union Yang Sehat, Aman dan Terpercaya di Kalimantan 

Penjelasan Visi : 

Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura adalah Credit Union yang sehat, aman dan terpercaya di gerakan Credit Union Puskopdit BKCU Kalimantan, dimana : 

a. sehat administrasi keuangan, artinya: administrasi keuangan dikelola sesuai standard akuntansi dan sistem komputerisasi; 

b. sehat administrasi non-keuangan, artinya: administrasi non-keuangan dikelola sesuai standard adminstrasi perkantoran modern dan mudah diakses; 

c. sehat organisasi, artinya: struktur organisasi lengkap terdiri dari pengurus, pengawas dan staf manajemen, yang memiliki integritas, berfungsi, kompeten, jujur, memperhatikan kesinambungan, dan selalu patuh pada keputusan Rapat Anggota; 

d. sehat usaha, artinya: kegiatan usaha dilakukan sesuai core bisnis Credit Union dengan memperhatikan prinsip-prinsip bisnis yang beretika; 

e. aman, artinya: aset dijamin dan dilindungi oleh sistem organisasi, usaha, keuangan, pengawasan dan perlindungan; 

f. terpercaya, artinya: Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura menjadi pilihan utama masyarakat, yang bisa diandalkan untuk menuju kemandirian dan kesejahteraan anggota. 

Misi Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura 

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. 

Untuk mewujudkan visinya, Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura menetapkan Misi berikut: 

Memberdayakan Anggota dan Masyarakat Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan 

Penjelasan Misi : 

Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura menjadikan anggota dan masyarakat untuk mampu mengelola keuangannya, sehingga bebas dari ketergantungan mutlak pada pihak lain serta terpenuhinya kebutuhan fisik, rasa aman, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri. 

Nilai-Nilai Inti (Core Values) Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura 

Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura berpegang dan menjunjung nilai-nilai (values) yang diharapkan menjadi “roh” (=spirit, jiwa, semangat) bagi pengurus, pengawas, manajemen, dan seluruh anggotanya dalam menjaga keberlanjutan dan ketahanan (sustainable) Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura. Nilai-nilai Inti yang diangkat Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura adalah: 

1. Religiositas 

2. Kejujuran 

3. Loyalitas 

4. Kreativitas 


Penjelasan: 

1. RELIGIOSITAS:

Kami mengembangkan Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura atas dasar iman dan spiritualitas ketuhanan yang menjadi tolok ukur, panduan, dan alat kontrol dalam setiap pengambilan keputusan, tindakan, dan pengelolaan bisnis credit union. 


2. KEJUJURAN:

Kami menjunjung tinggi kejujuran dan tranparansi secara konsisten, sehingga dapat dipercaya baik dalam perkataan maupun tindakan demi kebenaran tertinggi. 


3. LOYALITAS:

Kami menjunjung tinggi kesetiaan pada prinsip, nilai dan cita-cita pendirian Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura demi kemandirian dan kesejahteraan anggota maupun masyarakat dengan memegang teguh aturan yang berlaku untuk menjamin keberlanjutan Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura. 


4. KREATIVITAS:

Kami adalah organisasi pembelajar yang berorientasi pada proses dan hasil, sehingga mampu meluncurkan produk dan pelayanan inovatif untuk menjawab kebutuhan anggota dan masyarakat. 



Motto / Semboyan Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura 

Untuk lebih meresapi visi, misi dan nilai intinya, Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura merumuskan motto atau semboyan berikut: 


Tinggalkan Kemiskinan, Bangun Kemandirian 


Penjelasan: 

- Tinggalkan Kemiskinan maksudnya adalah agar anggota dan masyarakat mampu keluar dari belenggu kemiskinan, bukan hanya kemiskinan secara ekonomis, tetapi juga kemiskinan dalam konteks mental, spiritual, intelektual, dan struktural. 

- Bangun Kemandirian maksudnya adalah agar anggota mampu memiliki citra diri positif dan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga mampu menolong diri sendiri.


0 komentar: